29 August 2014

10 perkataan / pertanyaan customer which I hate the most.

Dimulai dari yang paling least gue hate:

1. Sama seperti gue ga suka orang salah ketik / tulis nama gue, gue pun aga annoyed dengan orang-orang yang mengaddress merk gue salah. "Sis dengan Peekbook?" "Halo ini Mypeekbook?" "Dengan Peekabook?" "Hi PMK", "Ini Peeky note?" dan masih banyak lagi.
Well gue ga ampe kesel banget sih haha most of the time gue ngerasa lucu malah, cuma biasanya selalu gue koreksi dengan bilang, "Peekmybook ya." Pernah sekali ada customer mau beli Game of Love, dia nanyanya, "Bisa beli buku Challenge Your Lover?" Whahahaha, kreatippp abezzzz!

2. Speaking of salah nama produk, banyak customer yang suka ngomong aga rancu like, "Sis mau beli notebook game of love."
Yang somehow gue artikan menjadi the Notebook 1 buah, dan Game of Love 1 buah, padahal yang dimaksud yang bersangkutan adalah Game of Love doang. Pernah juga vice versa, gue kira cuma mau beli Game of Love doang tapi ternyata doi juga bermaksud ngebeli the Notebook.

3. Sms cuma "Hi" doang tok.
Oke, hi juga. Ga bisa lebih ga to the point lagi smsnyaaaaa? Hahahaha banyaaaaak banget loh yang macam beginian. Kalo gue mau beli dari online shop pasti gue udah sms lengkap, "Mas mau beli ini, sama ongkir ke Jakarta Utara berapa?" Kan enak juga buat penjualnya.

4. Abis melalukan no 4, sms lagi "Benar ini dengan Peekmybook?"
IYA BENARRRRRRRR *langsung pengen keluarin api dari lobang idung* Pulsa sih gue don't mind ilang cuma buat bales "Ya bisa dibantu?", "Ya benar", dan etc, tapi jempol dan batin gue tersiksaaaaaa.

5. "Sis minta resi" right after gue kasih tau mereka kalo resi akan dikasih either tengah malam atau besok paginya (karena jne pick up barang sore di rumah gue dan biasa mereka baru kasih resi via email tengah malam).
Ntah itu font sms gue kurang gede jadi ga kebaca.. Atau mereka simply suka aja buang-buang pulsa nanyain hal yang eventually pun tidak akan terjawab sampe mereka nunggu sampe tengah malam atau besok paginya.

6. "Sis kok barang saya belum sampe?" dikatakan setelah melakukan hal nomor 5 dan setelah gue kasih resinya. Pas gue cek di JNE ternyata udah delivered dan diterima oleh sanak saudara / pembantu dia, tapi dia ga sadar.
Kalo hal kayak gini juga harus saya cekin mba/mas... Buat apa saya kasih resi ke kalian? *Remes bantal, hapus air mata pake sponge cuci piring*

7. Sms komplain kenapa paket YES dia belum sampe keesokan harinya dengan nada tidak ramah dan ketus, pas gue jelasin kalo salah ada di pihak JNE baru dia sms, "Oh hehe ya udah kalo JNE yang salah gapapa, dikira sellernya."
Inilah contoh customer yang beli cuma berapa puluh ribu Rupiah doang, tapi kalo sekalinya lu salah lu akan ditai-taiin sama dia karena bagi dia customer adalah raja. I once purchased something sampe ratusan ribu Rupiah dan barang ga dateng sampe 12 hari kemudian karena alasan sellernya pekerja dia masih pada pulang kampung. Dengan sabar gue tunggu meski akhirnya minta refund juga. I don't fancy those people really. Bayangkan kalo emang insiden barang dia ga sampe adalah karena salah gue, mungkin gue bisa dikata-katain atau disms dengan lebih ketus dan tajem lagi. Some people have to learn to be more respectful dan ga berasa kayak karena mereka bayar, mereka berhak semena-mena. After all seller juga manusia kan, bukan Tuhan.

8. "Sis kecewa sama bukunya, ternyata ukurannya kecil, saya kira gede" atau "Sis ini bukunya below expectation banget ya, covernya tipis dan designnya cuma ada 2 diulang-ulang."
*Kretek, bunyiin jari-jari tangan* Don't get me wrong, I love feedback and suggestion, but I will not tolerate this kind of saying that only portrays how ignorant Indonesian people in general are. Untuk kedua orang itu (yang sama-sama cowo) gue bales "Semua foto dan deskripsi lengkap tertulis di website, thanks." Orang kedua apa lagi... Dia udah buka website gue dan masih ga tau designnya cuma 2 jenis and etc. Oh man. Dan andaikan pun mereka ga jelas yah nanya dong, jangan main asumsi sendiri.... Kupret banget haha. Orang yang pertama nanya gue bisa nuker produk ga, gue langsung bilang something like "Saya sebenernya ga ngasih tuker untuk alesan kayak gini, tapi kalo kamu kecewa ya mendingan tuker aja, kamu tolong buka dulu website supaya ga salah paham lagi." Dia iya thanks doang but I never heard from him again.

9. Kali ini soal orang yang mau nyewa apartemen, I hate it when they say "Iya ngerti", "No worries", "Sure no problem" ketika gue state bahwa menjaga kebersihan apartemen sangat penting (and it has always been my number one priority), dan meninggalkannya kotor pada saat check out bisa menyebabkan denda.
The fact is many of them (oh well baru 2 orang sih) left the apartment dirty. Tanggung jawabnya dimana coba orang-orang kayak gitu. Ga bisa menhargai properti orang lain, dan most importantly, kata-katanya ga bisa dipegang sama sekali. Sumpah gue kesel banget sama tipe orang begini (apalagi kalo guestnya cewe). Ew.

10. "Sis... ga nipu kan?" (Or sampe telp berkali-kali in less than one hour abis konfirmasi transfer karena smsnya belum gue bales).
My dear customer, andaikan orang mau nipu pun ga mungkin mereka ngaku pas ditanya mau nipu atau ngga. Please do some research before purchasing online. Liat websitenya, foto mukanya ada ga, alamatnya ada ga, Facebooknya update ga, banyak komentar dari orang lain ga, orang lain itu beneran orang atau cuma fake account and etc. I seriously mean it. Let's all be smart. Gue pernah sekali diginiin sama customer cowo (dan as usual biasa kalo ke laki-laki gue jauhhhh lebih galak) and I told him not to buy from me kalo dia ga yakin. I didn't even bother answering his question about whether or not I will con him. Satu lagi cewe, telp ampe berkali-kali dan pas gue angkat gue cuma bilang, "Akan saya respon secepatnya sms konfirmasinya." (Seriously kalo dia cowo pasti udah abis sama gue.)

Well ya begitu lah kurang lebih minusnya jualan online, tapi sumpah plusnya juga banyaaaaaaakkkkk banget. I've met a lot of great great awesome customers yang super menghargai kerjaan gue dan toleransinya patut diacungi 10 jempol pas gue ga sengaja melakukan salah. Thank you guys kalian semua (baik yang bagi gue rese maupun ngga) udah memberikan warna dan pembelajaran yang banyak banget selama ini :))

No comments:

Post a Comment

Page views.