07 July 2015

Billing bermasalah Indihome / Telkom.

Update 7 July 2015. Last blog post click here.

Okay. Singkat cerita aja:

3 July 2015: Gue call 147 buat laporan kalau internet sangat tidak stabil (putus-putus mulu dari hari pertama pasang). Katanya akan dijadwalin teknisi dateng.

4 July 2015: Dicall teknisi, janjian 5 July pagi jam 9 am -> kaga dateng seharian.

7 July 2015: Karena gue tungguin sampe tanggal 6 kaga dateng juga, pagi hari gue call lagi nanya soal teknisi. Siangan mereka dateng. Analisis si abang teknisi: either jaringan di sistem atau modem bermasalah. Mereka mengacknowledge bahwa koneksi gue ini tidak stabil, dan gue disuruh tunggu 2 hari. Kalau problem persists, disuruh kontek dia langsung, nanti dia dateng bawa modem baru. Untuk hari ini dia cuma bantu betulin dari sistem. (Sampe detik ini internet masih kayak eek buaya.)

Lalu the real problem starts: menjelang siang gue dicall Telkom ke telp rumah, dikabarin bahwa tagihan bulan lalu adalah Rp 390.000++ (lupa exactnya berapa), dan gue disuruh membayar sebelum tanggal 20 Juli. Gue bilang udah berkali-kali request billing di email ke email gue, tapi kok ga ada sampe sekarang. Katanya akan dibantu proses.

Fyi gue ambil paket 10mb yang harganya Rp 290.000/bulan + pajak jadi Rp 320.000 nett. At this point gue dah expect ini akan terjadi, karena di internet banyak banget cerita billing mereka membengkak tanpa ada keterangan sama sekali. Jadi Telkom suka kasih biaya-biaya tersembunyi tanpa consent customer.

Siangan gue call 147 lagi karena belum dapet tagihan lewat email. Saat itu gue disampein bahwa tagihan di sistem adalah 490.872. OKAY. PANAS HATI INI. Tapi dengan kalem gue ga mempertanyakan itu sama sekali ke si operator (karena toh what does she know??? NOTHING.) Gue cuma minta billing dikirim via email. Again katanya akan diproses.

Menuju sore hari, karena email tak kunjung dateng, gue pun Googling soal billing dan nemu thread Kaskus ini (tengkis gan), gue ikutin lah metode dia sign up MyTelkom and here's what I found in my billing profile:



Kampret kan!! Ibarat kesetanan gue call lagi lah 147. Hahaha. Kali ini sebenernya tujuannya adalah nanya lokasi Plaza Telkom (karena di website ada 2 informasi yang berbeda, jadi gue mau make sure aja, karena gue udah planning mau langsung ke Plaza Telkom since operator 147 pasti useless). Ehh dengan keponya si mba operator bernama Tari bilang:

Tari: "Lewat sini aja lapornya Bu, karena kalau ke Plaza Telkom juga pasti akan disuruh buat laporan lewat 147."
C: (Dalem ati: sekarepmu lah mba...) Blablabla (nanya soal billing belum di email dan angka 577.600)

Intinya: doi as expected ga bisa menjelaskan. Dia bilang lah total gue 493.872 (pun beda lagi angkanya.... enek banget kan...), dia bilang lagi kalo ini ada diskon 200.000 dibagian diskon.. Gue bilang saya ga peduli mau ada diskon ga ada diskon, intinya itu angka 577 datang dari mana??? Not to mention sistem apaan total kok bisa kurang mendadak dari perincian di atas.. Beh. Doi of course ga bisa menjelaskan. Gue sampe ngomel-ngomel suruh dia buat laporan karena ini adalah penipuan (gue ulang-ulang pake sedikit bentak tuh pas ngomong bagian 'nipu'), and for God's sake gue minta billing diemaaaaaaiiilllllllll pleaseeeeeeeeeeeeeeee just fucking do alreadyyyyyyyy. Hosh. Again, katanya akan diproses.... Sampe detik ini gue ngetik blog dan mungkin sampe detik dimana gue rebahan di ruang operasi buat melahirkan pun mungkin tuh email belum sampe di inbox gue... Who knows.

Lalu siang gue jalan ke Plaza Telkom dan sampe sana jam 3 lewat 7 menit. Guess what... Udah tutup kantornya karena lagi Ramadhan... (biasa kalo ga bulan Ramadhan tutupnya lebih sore) OKAY. Sampe sepanjang jalan pulang gue masih merenungkan.. Why God Why. Sang pacar yang udah ngoceh cerita hal lain sampe gue potong.. dan gue bilang, "Ej, please encourage aku dong kalo semua ini pasti terjadi for a reason. Aku masih kepikiran nih soal ini... Berarti tadi waktunya pasti kurang tepat ya? Pasti akan ada waktu lain yang lebih tepat kan ya?" Sang pacar pun mengatakan bahwa gue harus sabar, dan ketika waktunya tiba, everything will be solved nicely. I guess I was just tired you know, karena merasa ditipu terang-terangan, dan yang nipu ga merasa malu sama sekali.. Like how can I fight this? How? Buat laporan ke Plaza Telkom lah.. Nunggu follow up lah.. Everything seems to be too.... complicated, bertele-tele, melelahkan.. and it feels like it's almost impossible to win.

Lalu sore jam 4... ibarat mukjijat yang entah datang darimana, gue dapet Whatsapp message dari orang yang paling gue nantikan keberadaannya.

Flashback sedikit ya.
Waktu bazaar di SMS kemarin, gue ngejual sekitar 3-4 buku Peekmybook ke satu keluarga yang bener-bener ramah dan nice. Yang beli buku adalah anak cewe dan nyokapnya, tapi mereka dateng bertiga sama bokapnya. Setelah ngobrol beberapa saat sama nyokapnya, sang bokap yang dari tadi diem main hp pun nanya ke gue tinggal dimana. Gue jawab Pluit, dan dia nanya gue pake Indihome apa ngga. Karena gue bener-bener baru ganti Indihome, gue pun sontak jawab iya dan langsung cerita ke dia soal gue dipalak 250.000. Turns out bapak ini adalah kepala kantor Indihome bagian apa gitu cabang Jakarta Utara. Like what.........

Beliau minta data diri gue lengkap dan katanya akan bantu follow up. Too bad gue ga pernah heard anything back dari dia, dan tadi siang gue nyesel banget gue ga minta nama dan no hp dia pas di bazaar, otherwise gue bisa minta tolong dia kan daripada harus lapor dari 0 ke 147 yang super duper useless itu.

Nah jam 4 sore tadi tiba-tiba sang nyokap Whatsapp gue nanya kabar dan lain-lain.... !!!! Seriously what kind of sorcery is this kan????? Oh God, thank You... Gue sampe tereak ke sang pacar saking kagetnya.. I can't believe my eyes, and I can't believe how amazing God and His plan is. Timingnya bener-bener gila... Gue curhat singkat ke sang nyokap, dan katanya akan disampaikan ke suaminya. Jam 11 malem tadi gue dikontek oleh sang bokap... dan barusan gue email panjang lebar padat dan jelas soal kronologi dari awal.

Semoga, bener-bener semoga sang bapak bisa bantu gue nyelesein ini. Oh please please. Please please. Please.

PS: buat yang mau baca drama komplit soal Indihome dari season 1 episode 1, bisa klik label di bawah ini (atau di bagian kanan blog), under the name of "Telkom & Indihome". Selamat membaca & menikmati :)

6 comments:

  1. jadi bagaimana kelanjutannya sis? saya masih pakai firstmedia mau ganti indihome nih, jakarta utara juga, thx

    ReplyDelete
  2. iya biaya tagihannya sering naik turun gak jelas gan
    padahal waktu sebelum pemasangan katanya biayanya akan tetap seperti awal pemasangan dan cuma di kenakan pajak 10% tetapi makin kedepan makin naik walaupun turun masih di atas harga iuran yang di katakan awal

    ReplyDelete
  3. hai.. saya jg mengalami hal yang sama ... kalau boleh tau akhirnya seperti apa ya?? karena g jg udah telp 147 itu sangat sangat no hope

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi bisa coba ke Plaza Telkom, saya saranin dateng pagi-pagi jam mereka buka supaya ga ngantri terlalu parah

      Delete
  4. Yah kalau di pulau jawa kan cepet internetnnya,saya di kalimantan,sering gangguan,lelet,sudah bayar masih lelet��,protes ke plasa telkom,katannya belum diisi datannya dari jakarta��,sampai saya marah marah,sudah dibayar malah lelet,pertama masang cepet 10mbps malah jadi 52.35kbps��

    ReplyDelete
  5. Saya nggak sengaja "nemu" blog di tulisan ini gara2 sore2 lagi capek2nya mau pulang kerja dapet WA dari adek saya kalo tagihan indihome "bengkak" jadi 800rb! dr yang sebelumnya 400rb..
    Fuckin bad monday afternoon
    Sampe akhirnya saya mutusin untuk googling "tagihan indihome membengkak" dan sampailah saya di blog ini..Thanks God i'm not alone..
    Fix besok kayaknya harus diakhiri "kegilaan" operator lintah billing plat merah tersebut!Saya pastikan akan saya cabut,titik.

    ReplyDelete

Page views.