03 November 2015

Dealing with disagreement.

Hari Minggu 1 November kemarin gue sama sang pacar had dinner at Taman Suropati. Pas jalan pulang we had a tiny disagreement, and I feel like sharing it here karena topiknya kebetulan memang menarik, dan sekalian share a glimpse of us kalo lagi beda pendapat gimana :>

Anyway oot sedikit, the place was greeeeeeeaaaaat, adem, rame, tapi at the same time ada beberapa spot sepi juga, but too bad as usual banyak sampah (dan banyak anjing.....) :( Gue sampe ngajak ngomong penjual nasgor gue, bilang ke dia untuk jangan bosen-bosen kasih tau pelanggan dia setiap habis makan harus beresin sampahnya sendiri-sendiri. Sang penjual nasgor cuma jawabin gue, "Cape ngomonginnya." Hahaha, mas I feel you. Manusia aja cape, apalagi buminya.

Anyway terjadi percakapan demikian antara gue dan sang pacar:

Lagi duduk berdua makan nasgor.
C: Ej mau coba sate padang ga si.
F: Mau?
C: Boleh si.
F: Ya uda bentar ya.
Doi pun beranjak nyamperin penjual sate padang yang letaknya 7-8 m di sebelah kanan penjual nasgor kita. Ga lama dia pun kembali.
F: Masa abangnya ditanya harga satenya berapa dia jawabnya, "15 ribu, eh 18 ribu."
C: Hah aneh banget. Pasti mau nipu tuh, secara nasgor 15 ribu dia pasti jual juga 15 ribu, kalo ga mana laku.
F: Iya makanya.
C: Ya udah coba tanya yang diujung sono aja entar.
Abis itu kita lanjut makan, dan ga lama si abang sate dateng sembari ngasih sepiring sate ke sang pacar.
C: Loh kamu udah beli?
F: Iya, oh kamu pikirnya mau ke ujung dulu ya tanya harga?
C: Iya si. Ya udah lah.
Lalu abis itu kita berdua pun makan sampai selese. Pas mau bayar:
C: Ej coba kamu bayar nasgor aja, aku yang ke tukang sate. Coba aku mau pura-pura bego liat dia berani nipu ga.
F: Oke.
Abis itu sang pacar bayar nasgornya, dan gue pergi ke tukang sate untuk bayar.
C: Bang, bayar dong.
Si abang X ini diem aja sembari jongkok beres-beres apaan di gerobaknya gue gatau, seolah-olah nunggu gue keluarin duit tanpa perlu dia sebut nominalnya berapa. Karena dia ga bales, akhirnya gue tanya lagi:
C: Berapa?
X: *Diem aga lama* 18 ribu.
C: Ha? Bukannya 15 ribu biasa?
X: *Diem lama, terus senyum masih sembari jongkok beres-beres* Ngga mba udah 18 sekarang.
Tanpa ngomong apa-apa gue kasih dia 20 ribu dan dikembalikan 2 ribu. Lalu setelah itu sang pacar nyamperin gue ke deket si abang sate:
F: Gimana?
C: Iya dia minta 18 ribu, tapi ngomongnya banyak jeda, pasti ngibul. Bentar aku mau nanya ke tukang nasgor kita biasa harga sate berapa.
Lalu gue nyamperin si tukang nasgor itu (dan ended up ngobrol ngalor ngidul sampe 20 menitan haha)
C: Mas biasa sate padang berapa disini?
Z: 15 ribu sih. Kenapa? Dikasih berapa tadi?
C: 18 ribu. Kita udah duga kayaknya memang nipu.
Z: *Ketawa* Oh 18 ribu? Biasa yang jualan disana sih 15 ribu, tapi orangnya lagi pulang kampung. Jadi digantiin sebentar sama yang itu. Itu dia bukan penjual tetap disini, paling beberapa hari lagi pergi ke tempat lain, makanya ga punya langganan. Tapi biasa memang 15 ribu.
Dalem ati gue pantesan berani nipu. Anyway abis berbincang-bincang sama si tukang nasgor, gue dan sang pacar pun masuk mobil dan jalan pulang. Pada saat masuk mobil terjadilah percakapan ini:
C: Aduh harusnya tadi kamu ga usah beli sama dia Ej, kan udah tau dia ngomongnya 15 ribu eh 18 ribu, udah pasti mau nipu tuh.
F: Iya, ya udah lah ga usa dipusingin.
C: Iya aku aga gimana aja.
F: Aku tuh kalo hal kayak gitu yang ga berimpact besar ke aku, aku ga ambil pusing. Udah ya, hal kecil. Kamu harus belajar let go hal-hal sepele kayak gini.
C: Huh.. iya.
Abis itu kita ngobrol hal-hal lain, tapi kurang lebih 10 menit kemudian I can't help but to talk about this again:
C: Ej, aku masih ngeganjel nih mikirin yang tadi. Aku ngerti and yes setuju kalo aku harus belajar let go hal-hal sepele kayak gini, tapi aku juga ngerasa kamu sering banget kena tipu kayak gitu padahal harusnya kamu bisa ga kena tipu.
F: Eh aku bukan kena tipu loh. Aku udah tau dia nipu, tapi aku biarin aja.
C: Itu lebih parah lagi Ej. Kena tipu is one thing, tapi kalo udah tau lagi ditipu dan kamu diem aja membiarkan, itu tandanya 1. kamu ga bisa say no to people, dan 2. orang kayak kamu ga akan bisa jadi kayak Ahok yang berani fight for the right thing. Liat hal ga adil atau salah ya udah diem aja.
F: *Diem sejenak* Hmm, untung kamu contohinnya pake Ahok, kalo ngga kamu udah aku abisin. (Hahaha lame banget).
C: I mean aku setuju aku harus belajar let go hal kecil, tapi kita sekarang compromise oke. Aku juga mau minta kamu untuk lebih tegas dan ga biarin hal-hal kayak gini kejadian terus ke kamu. (It does happen a lot to him....)
F: Iya ya udah.. Aku juga akan usaha say no ya.
C: Iyaaaaaaa x)

Haha abis itu baru gue beneran lega. Fyi oke mungkin aga jijik ya gue sebut-sebut Ahok LOLOL, tapi gatau kenapa nama dia yang pertama kali muncul di kepala, maybe he's an icon of bravery buat gue kali ya. And also, bukan berarti gue sama sang pacar memang mau tumbuh jadi kayak si Ahok loh haha, both of us cuma sama-sama adore him so much aja.

No comments:

Post a Comment

Page views.